Skip to main content

Learn, Start, Grow

Digital Forensic

Digital Forensics Menurut Benni Mutiara, Digital forensic adalah suatu aplikasi dari ilmu pengetahuan untuk mengidentifikasi, mengoleksi, menganalisa dan menguji bukti – bukti digital pada saat pemeliharaan sifat integritasnya. Di mana informasi menjadi bukti pemeliharaan integritas tersebut. Forensic Process (Proses Forensik) Peneliti Forensik Eoghan Casey mendefinisikan sebagai sejumlah langkah dari peringatan insiden asli melalui pelaporan temuan.

Proses terutama digunakan dalam komputer dan investigasi forensik mobile terdiri dari tiga langkah yaitu akuisisi, analisis dan pelaporan. Media digital disita untuk penyelidikan biasanya disebut sebagai “exhibit” dalam terminologi hukum. Peneliti menggunakan metode ilmiah untuk memulihkan bukti digital untuk mendukung kesalahan hipotesis, baik untuk pengadilan hukum atau dalam proses perdata. Dalam melakukan proses forensic selain menggunakan tools dan teknik-teknik yang dilakukan dalam proses forensic, juga harus memiliki analisi yang kuat, agar hasil dari hipotesis tidak salah walau tidak 100% hasil tetap bisa menunjang dalam pembuktian. Dalama analisa komputer dan jaringan juga hampir sama dengan Digital forensic yang sama – sama menggunakan teknik – teknik dan tools, tetapi analisa data tidak harus meliputi semua tindakan penting untuk pemeliharaan integritas informasi yang dimiliki, karena ada data lain yang menunjang dan adanya saksi-saksi. Digital Evidence (Bukti Digital) Digital Evidence atau dalam bahasa Indonesia yaitu Bukti digital atau bukti elektronik adalah setiap informasi pembuktian disimpan atau ditransmisikan dalam bentuk digital yang pihak untuk kasus pengadilan dapat menggunakan di pengadilan.

Penggunaan bukti digital telah meningkat dalam beberapa dekade terakhir sebagai pengadilan telah memungkinkan penggunaan e-mail, foto digital, Log Transaksi ATM, dokumen pengolah kata, history pesan instan, file yang disimpan dari program akuntansi, spreadsheet, history internet browser, database, isi dari memori komputer, komputer backup, hasil cetakan komputer, trek global Positioning System, log dari kunci elektronik sebuah hotel pintu, dan digital video atau audio file.

Download artikel lengkap disini (Click)

Leave a Reply