Skip to main content

Learn, Start, Grow

Mengenal DHCP

Apa itu DHCP?
DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk memudahkan pengalokasian alamat IP (internet protocol) secara otomatis ke perangkat lainnya.

Bisa dibayangkan jika disuatu perusahaan harus mengkonfigurasi IP Address secara manual setiap komputer/PC agar terhubung dengan jaringan. Itu akan merepotkan bukan?

Dengan adanya DHCP akan sangat membantu dalam konfigurasi IP Address, karenanya secara otomatis setiap komputer/PC mendapat IP untuk terhubung ke jaringan.

IP Address atau alamat IP sendiri adalah barisan angka pada sebuah perangkat yang memungkinkan perangkat untuk terhubung dengan jaringan berbasis lokal maupun luas (Internet). Sehingga kita dapat mengakses halaman web, email, dan lainnya.

DHCP Server dan DHCP Client

Dalam sistem jaringan Komputer terdapat istilah Server dan Client, dimana Server adalah perangkat komputer sumber yang menyimpan seluruh data, mengelola, dan mengatur segala aktivitas yang ada di jaringan tersebut, sedangkan Client adalah perangkat komputer yang meminta layanan kepada server.

Didalam DHCP juga terdapat istilah DHCP Server dan DHCP Client, dimana DHCP Server yaitu sebuah perangkat yang bertugas untuk mengelola dan memberikan alamat IP secara otomatis (dinamis) kepada komputer client yang ada. Sedangkan, DHCP Client yaitu perangkat yang menerima alamat IP dari DHCP server.

Leave a Reply