Skip to main content

Learn, Start, Grow

Mode Instalasi Sistem Operasi Linux

Sistem Operasi Linux memberikan pilihan dalam mode instalasi, yaitu instalasi berupa mode teks (Command Line Interface/CLI) dan mode grafis (Graphical User Interface/GUI)

Instalasi Linux mode teks

Intalasi mode ini tidak direkomendasikan bagi mereka yang baru mulai belajar menggunakan Linux, selain kurang menarik juga dalam proses instalasi dilakukan dengan tampilan teks (CLI).

Installasi mode ini biasanya digunakan oleh mereka yang sudah faham dan sering menggunakan linux, karena disamping harus hafal juga faham dengan perintah-perintah yang digunakan dalam mode teks.

Keunggulan instalasi menggunakan mode teks ini yaitu dalam proses instalasi lebih cepat dan dapat diterapkan dalam komputer dengan spesifikasi yang rendah.

Linux mode teks ini banyaknya digunakan para Sistem Administrator untuk membuat sebuah server.

Instalasi Linux mode GUI

Instalasi mode ini direkomendasikan untuk mereka yang baru belajar menggunakan Linux, karena tampilan yang lebih menarik dibanding mode teks. Selain itu tidak harus hafal perintah-perintah operasi seperti pada mode teks.

Mode GUI ini menampilan antarmuka berupa menu-menu yang dapat mudah di fahami pengguna, sehingga dalam proses instalasinya tinggal mengikuti perintah yang ada dengan tombol-tombol fungsinya.

Mode instalasi ini kekurangannya lebih lambat, akan tetapi teknologi saat ini sudah berkembang khususnya hardware komputer yang disediakan, sehingga tidak perlu khawatir lagi untuk proses installasi mode GUI ini.

Leave a Reply