Skip to main content

Learn, Start, Grow

Pengantar Sistem Basis Data (Database)

Sistem berkas atau pengarsipan adalah : Suatu system untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan data dari file tertentu dan organisasi file yang digunakan. Sistem akses : Cara untuk mengambil informasi dari suatu file Organisasi file : Teknik yang digunakan untuk menggambarkan dan menyimpan pada file.

Basis Data (Database) dapat dibayangkan sebagai sebuah lemari arsip tempat menyimpan folder dan file. Basis Data terdiri dari 2 kata, yaitu Basis dan Data. Basis dapat diartikan sebagai markas atau gudang dimana tempat bersarang/berkumpul. Sedangkan Data adalah represntasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, siswa, pembeli, pelanggan), barang, hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dan sebagainya, yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasisnya.

DBMS Suatu Data Base Management System (DBMS) terdiri dari sekumpulan data yang saling berhubungan dan suatu himpunan program yang melakukan akses terhadap data tersebut Tujuan dari DBMS yang paling utama adalah ‘EFFISIENT’ dan ‘CONVENIENT’ Management data melibatkan baik struktur informasi dan mekanisme dalam melakukan manipulasi terhadap informasi.

Artikel selengkapnya download disini (Click)

Leave a Reply