Skip to main content

Learn, Start, Grow

Pengantar Teknologi VoIP

Definisi VoIP

Voice over Internet Protocol (VoIP) dikenal juga dengan sebutan IP telephony , Internet Telephony , Broadband Telephony , ataupun Voice over BroadBand (VoBB). VoIP adalah teknologi transmisi data untuk melakukan komunikasi suara melalui jaringan TCP/IP seperti Internet ataupun jaringan packet-switched lainnya secara realtime.

Cara Kerja/Konsep Dasar Komunikasi VoIP

Berbeda dengan telepon biasa (konvensional), Konsep dasar komunikasi VoIP yaitu Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

Keuntungan menggunakan VoIP

Keuntungan menggunakan VoIP diantaranya selain biaya yang murah dalam berkomunikasi, bisa komunikasi untuk SLJJ dan SLI, Jaringan data berkembang cepat melebihi jaringan PSTN, Potensi pengembangan fitur yang lebih cepat dan lebih bervariasi, PSTN tidak mampu untuk membawa trafik multimedia.

Kekurangan menggunakan VoIP

  • Kualitas suara terpengaruh dengan bandwidth, jika bandwidth kecil maka suara tidak jernih.
  • Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband.
  • Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom.
  • Jika memakai internet dan komputer di belakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan.
  • Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
  • Berpotensi menyebabkan jaringan terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
  • Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran

Keamanan Teknologi VoIP

Keamanan yang bisa diterapkan dalam VoIP: VoIP call private network Firewall dan Packetized Voice VoIP Lockdown

Daftar Pustaka

  • _____. Pengantar Teknologi Informasi – Pengenalan Teknologi VoIP. https://www.slideshare.net/100008317170639/materi-pengantar-teknologi-informasi-pertemuan-ke11
  • _____. Teknologi VoIP adalah?. https://markey.id/blog/development/teknologi-voip-adalah
Leave a Reply