Membuat Blog Di Blogger

Assalamu’alaikum Wr Wb.
Ok…bertemu dengan saya b4mz, disini saya akan memberikan tutorial cara membuat sebuah blog dengan menggunakan blogger yang dapat dikunjungi di http://www.blogger.com. Untuk selanjutnya ikut tahapan seperti dibawah ini :

Tahap 1:
Daftarkan Diri Kita di Google
Tahap pertama kita yaitu daftar dahulu di google. Wew….Kenapa harus daftar dahulu di google.???, karena untuk masuk ke blogger, kita harus memiliki login google.com. atau bila kita sudah memiliki email yang dibuat di gmail.com, email ini bisa kita gunakan untuk login ke blogger.

Setelah medaftar di google kemudian kunjungi http://www.blogger.com. Kita akan mendapatkan halaman seperti pada gambar dibawah ini, lalu masukkan account yang sudah terdaftar, kemudian Klik tanda panah besar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG KITA.

Halaman Login

Tahap 2:
Lengkapi Pendaftaran Kita
Setelah Kita mengkilk panah besar yang bertuliskan CIPTAKAN BLOG KITA, maka akan muncul halaman selanjutnya yaitu formulir seperti yang ada pada gambar dibawah ini.
Proses ini akan menciptakan account Google yang dapat Kita gunakan pada layanan Google lainnya. Jika Kita sudah memiliki sebuah account Google. Satu account Google yang kita buat bisa digunakan untuk mengakses semua fasilitas yang disediakan oleh Google.

1.Jika Kita sudah memiliki accout google, Kita bisa langsung login (masuk). Untuk login ke Google, Kita harus login dengan menggunakan alamat email. Silahkan lengkapi. Alamat email yang Kita masukan harus sudah ada sebelumnya. Kita akan dikirim konfirmasi ke email tersebut. Jika Kita menggunakan email palsu atau email yang baru rencana akan dibuat, maka pendaftaran bisa gagal. Kita tidak perlu menggunakan email gmail.com. Email apa saja bisa.
2.Lengkapi data yang lainnya.
3.Tandai “Saya menerima Persyaratan dan Layanan” sebagai bukti bahwa Kita setuju. Kemudian, klik tanda panah yang bertuliskan lanjutkan.

Form Pendaftaran

Tahap 3:
Memilih Nama Blog dan URL Blog
Jika Kita berhasil, maka kita akan dibawa ke halaman seperti pada gambar dibawah. Jika gagal? Gagal biasanya karena verifikasi kata kita salah. Itu wajar karena sering kali verifikasi kata sulit dibaca. Yang sabar saja, ulangi sampai benar.
Setelah Kita berhasil mendaftar, Kita akan dibawa ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah. Sekarang Kita mulai membuat blog dengan mengisi nama dan alamat blogKita.

Sebagai contoh, saya menamakan blog tersebut dengan nama xb4mzx. Nama sebuah blog seharusnya yang mudah diingat. Saya memilih alamat blog dengan alamat http://xb4mzx.blogspot.com.

Kemudian lanjutkan dengan klik tanda panah bertuliskan LANJUTKAN.

Proses Pembuatan Blog

Tahap ke 4
Pilih desain template yang sesuai dengan selera Kita
Setelah berhasil, Kita akan diarahkan ke halaman seperti yang ada pada gambar dibawah. Kemudian pilihlah sebuah tema yang sesuai dengan selera Kita. Jika tidak ada yang sesui dengan selera Kita, jangan khawatir, masih banyak pilihan tema/desain template yang bisa Kita install sendiri. Sekarang pilih saja tema agar proses pembuatan blog bisa diselesaikan. Kita bisa preview tema dengan klik gambarnya sedangkan untuk memilih tema Kita klik saja gamabar desainnya seperti pada gambar dibawah.

Memilih Tema

Akhirnya Selesai Membuat Blog
Sekarang tinggal posting, pengaturan, dan tata letak. Selamat, sekarang Kita sudah memiliki sebuah blog dan Kita sudah mulai bisa memposting pemikiran Kita di blog dan dipublish.

Sebetulnya masih ada beberapa hal yang harus Kita lakukan, yaitu pengaturan, tata letak, penambahan eleman, dan penggantian tema jika Kita menginginkan tema yang lain. Ini untuk tingkat lanjut. Setidaknya, disini Kita sudah memiliki sebuah blog dan bisa posting. Hal ini sudah cukup untuk tahap awal. Untuk mendalami masalah Blog lebih dalam, saya anjurkan Kita membaca tutorial Nge-Blog untuk memperindah tampilan dan meningkatkan pengunjung blog kita.

Ok, mungkin itu saja tutorial dari saya, jika ada kesalahan penulisan atau cara penyampaiannya kurang mohon dimaafkan cz no body is perfect..hehe,
Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Download file : Klik_Me

You may also like...