Mengaktifkan mod_rewrite pada Apache2

Beberapa situs CMS yang di dalamnya terdapat .htaccess yang mengandung Rewrite Module. Apa sih rewrite module itu? menurut yang saya tahu Rewrite module itu fungsinya membuat url menjadi familiar dengan mesin pencari, misal ada url seperti situsweb.com/index.php?page=about di ubah menjadi situsmu.com/page/about, bagi web developer pasti sudah sering bertemu dengan seperti ini, apalagi yang sering main Optimasi SEO untuk blognya, soalnya url yang mengandung semacam index.php?page=bla_bla_bla itu tidak Search Engine Friendly, jadi Search Engine seperti mbah gugel serta temen-temennya kurang suka dengan url yang seperti itu, karena di anggap URL yang dinamis atau berubah ubah.
Salah satu solusi buat mengatasinya adalah dengan mengatur url sedemikian rupa supaya lebih SEO lagi menggunakan file .htaccess. saya kasih contoh ya script yang ada di .htaccess yang mengandung modul mod_rewrite.

RewriteEngine On
RewriteBase /mvc/
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]

Akan tetapi di situ harus ada modul yang harus di aktifkan pada server apachenya, yaitu modul_rewrite atau mod_rewrite. secara default saat kita memakai hosting yang online, modul tersebut sudah di aktifkan tapi kalau di localhost biasanya belum aktif. nah berikut cara agar mod_rewrite bisa berjalan di server local atau localhost. kali ini saya akan menjelaskan bagi pengguna linux.
Buka terminal (Bukan terminal bus lho ya) kemudian login sebagai super user, kalau di ubuntu yang sudo sudo itu lho. kemudian ketikkan baris perintah berikut untuk membuka file konfigurasi apache2.

root@nahlcode:# gedit /etc/apache2/apache2.conf

Berhubung saya punya gedit, saya pakai editor gedit, tapi kalau sobat punya editor favorit silahkan di pakai, bisa menggunakan nano, vi, atau geany.
Kemudian cari baris dengan tulisan sebagai berikut:

# Include module configuration:

Dibawah script tersebut ada dua baris script, kamu tambahkan saja di bawah dua baris script tersebut seperti di bawah ini.

# Load Modul Secara Langsung ala sicuplis.com
LoadModule rewrite_module /usr/lib/apache2/modules/mod_rewrite.so

Sehingga nampak seperti berikut:
Kemudian Simpan dan restart apache2

root@nahlcode:# /etc/init.d/apache2 restart

Referensi:
https://sucipto.net/2013/06/12/cara-mengaktifkan-rewrite-module-mod_rewrite-apache2

You may also like...